Rabu, 30 Desember 2009

Mengenali Watak Anak


Beberapa Perbedaan Watak Pada Anak

Setiap anak adalah unik. Salah satunya adalah jika dilihat dari wataknya. Terdapat beberapa watak pada anak yang berbeda antara anak yang satu dengan lainnya. Watak tersebut di antaranya (John Gray, Ph.D., 2004);

1. Anak sensitif, anak ini mempunyai perasaan lebih kuat, lebih mendalam, dan lebih serius.

2. Anak aktif, biasanya anak yang memiliki watak aktif akan memiliki kemauan kuat, berani mengambil resiko, dan ingin menjadi pusat perhatian.

3. Anak responsif cerah, ceria, dan membutuhkan lebih banyak stimulasi; ia berpindah-pindah dari hal yang satu ke hal yang lainnya.

4. Anak reseptif sopan dan bersikap kooperatif, mengikuti instruksi dengan baik tetapi menentang perubahan.

Apabila orangtua mengetahui watak setiap anak, maka suatu pertengkaran atau kesalahfahaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari dapat diperkecil kemungkinannya terjadi. Biasanya, orangua yang memahami setiap watak anak akan mampu memenuhi kebutuhan anak, dengan demikian anakpun akan berusaha untuk memenuhi 'kebutuhan' orangtuanya. Misalnya, jika orangtua mengetahui bahwa anaknya suka diperhatikan dan mereka melakukannya, maka pada situasi lain ketika orangtuanya membutuhkan/menginginkan anak untuk dapat bersikap sopan dan manis di depan tamu yang sedang berkunjung ke rumah, maka iapun akan mudah melakukannya (ia akan memenuhi kebutuhan orangtuanya tersebut).

Pada dasarnya, setiap anak ingin selalu dapat menyenangkan orangtuanya yang selalu memberikan perhatian dan pengertian kepadanya. Apabila orangtua mengerti pada apa yang dibutuhkan anak, maka anakpun akan melakukan hal yang sama, patuh kepada orangtuanya (anak memiliki kemampuan meniru yang baik).

Sumber : perkembangananak.com


0 komentar:

Posting Komentar