Selasa, 08 September 2009

Anak SD Belajar Photoshop

Ketika saya memberikan pelajaran komputer kepada anak SD dengan materi Adobe Photoshop, banyak yang mencibir dengan berkata : “Mereka masih kecil kok dikasih pelajaran Photoshop yang sangat sulit. Apa mereka bisa ?. Kan biasanya kalau anak-anak SD itu kan materinya Microsoft Word, Paint, Microsoft Excel. Itu saja kadang mereka tidak bisa”.

Itulah kata-kata yang sering saya dengar ketika saya memberitahukan program yang saya berikan kepada anak-anak. Memang pelajaran Photoshop saya berikan kepada anak SD terutama kelas 6. Dengan adanya pelajaran desain grafis saya mencoba untuk membuat gebrakan baru di dunia pendidikan agar kualitas pengetahuan Iptek anak-anak lebih maju.
Dengan cibiran-cibiran seperti itu saya mencoba untuk tidak patah semangat. Dalam diri saya, saya mencoba untuk memperkuat tekad guna mengembangkan pendidikan di Indonesia khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, bahwa saya harus berhasil membantu anak-anak agar mereka tidak dikatakan gaptek sehingga membuat bangga Indonesia akan kemampuan anak bangsa.



Akhirnya praktik komputer dengan program Photoshop dimulai. Setelah memberikan pembekalan kepada anak-anak tentang fungsi masing-masing tool Photoshop, mereka saya ajak untuk membuat desain logo, poster, kartu ucapan dan lain-lain.

Alhamdulillah sampai sekarang, saSetiap kali saya mendengar anak-anak bersorak-sorak karena hasil praktek mereka berhasil, alangkah senangnya hati ini. Saya jadi berpikir, dalam memberikan pelajaran komputer setiap guru di haruskan untuk berpikir kreatif dalDengan melihat kemampuan diri anak-anak, saya memberikan materi-materi yang tidak terlalu berat bagi mereka, tetapi menyenangkan. Nah setelah saya memberikan contoh-contoh desain yang akan mereka praktikkan, betapa gembiranya dan semangatnya mereka, sehingga membuat saya untuk lebih..lebih..lagi bersemangat dalam membantu anak-anak mempelajari Photoshop.am mengembagkan ide-ide agar anak tidak cepat bosan ketika belajar komputer.ya masih merasakan semangat anak-anak untuk belajar komputer. Karena setiap kali saya datang untuk memberikan pelajaran komputer, mereka menyambutnya dengan antusias. Kadangkala mereka berebut duluan untuk praktek.

Sekarang kita bisa lihat hasil praktek anak-anak ketika membuat desain poster dengan kolaborasi antara program Paint dan Photoshop.
Poster yang dibuat bertemakan : Kebersihan Lingkungan.

1 komentar:

Arroyyan Dwi Saputra mengatakan...

Cocok sekali kalau anak sd belajar grafis karena imaginasi anak-anak jauh lebih besar dibanding orang dewasa.
Salam kenal

Posting Komentar