Selasa, 08 September 2009

Belajar Tentang Habitat dengan Orang Gila

Tiga orang gila yang sudah dinyatakan sembuh sedang di tes oleh seorang ahli jiwa dengan menajukan sebuah pertanyaan yang sama.
Ahli penyakit jiwa : “Andaikata anda seorang diri berada di padang pasir yang panas dan tandus, makhluk hidup apa yang mungkin anda temukan dan apa yang akan dilakukan dengan makhluk hidup tersebut ?”
Orang Gila I : Pohon kaktus! Nanti batangnya saya buka lalu airnya saya minum.”
Ahli penyakit jiwa : “Bagus, kamu sudah bisa berpikir ilmiah. Kamu sudah sembuh. Kalau kamu ?
Orang Gila 2 : “Di padang pasir pasti ada pohon kurma. Nanti buahnya saya makan, lumayan kan kenyang!”
Ahli penyakit jiwa : “Pintar, kamu juga sudah sembuh!. Kalau kamu ?
Orang Gila 3 : “Saya pasti ketemu dengn dua makanan terlezat di padang pasir. Nanti kedua-duanya saya makan.”
Ahli penyakit jiwa : “O ya, makan apa itu ?”
Orang Gila 3 : “Dua orang gila yang tadi duluan!”
Ahli penyakit jiwa : “Dasar orang Gila!”

Akhirnya orang gila yang ke-3 ini masih harus menjalani perawatan.

Pembahasan :
Habitat adalah lingkungan tempat makhluk hidup tinggal. Habitat padang pasir terdiri dari pasir, bukit, batu-batuan, sedikit air, dan tanaman dengan sinar matahari yang menyengat dan suhu yang tinggi.
Di tempat seperti itu perbedaan suhu siang dan malam sangat ekstrim. Di sing hari sangat panas, sedangkan di malam hari sangat dingin. Oleh karena itu, banyak hewan yang mencari makan justru di malam hari, sperti ular gurun, tikus gurun, laaba-laba gurun, dll.

0 komentar:

Posting Komentar