Rabu, 30 Desember 2009

Minat Baca Terhalang Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih menjadikan minat baca dikalangan anak-anak dewasa mulai berkurang. Hal yang patut disesalkan karena anak-anak semakin tergerus oleh era teknologi yang lebih canggih sehingga mampu mengurangi minata baca mereka terhadap sebuah buku. Keinginan untuk meningkatkan baca dikalangan masyarakat seakan ikut terhambat. Jika Anda memperhatikan tentunya Anda akan sering melihat sebagian besar anak lebih suka bermain handphone atau bermain playstation bahkan hingga berjam-jam duduk di depan televisi.

Meskipun kita dituntut untuk melek tentang teknologi tentunya hal ini perlu kita lakukan dengan tidak secara berlebihan sehingga memonopoli waktu dimana seharusnya kita melakukan kegiatan lain seperti belajar, membaca, atau melakukan aktivitas lainnya.

Nah sebagai orang tua, tentu saja kita wajib untuk memperhatikan kebiasaan anak-anak kita. Agar mereka tidak tenggelam oleg dahsyatnya kecanggihan teknologi, kita sebagai orang tua perlu memainkan peran untuk menumbuhkan kembali minat baca pada anak-anak.

Misalkan dengan cara membiasakan diri untuk membacakan cerita dongeng kepada anak-anak baik pada saat menjelang tidur, atau pada waktu senggang.
Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh kak Seto Mulyadi, bahwa bercerita atau membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat.

Manfaat tersebut, di antaranya meningkatkan kemampuan konseptual, mendengar, berbahasa, berkomunikasi verbal dan memecahkan masalah.

Aktivitas ini juga mampu meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas, pengetahuan, serta kecerdasan emosional anak.

Selain itu manfaat lain dari mendongeng adala mempererat hubungan emosional antara para orang tua dan anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar