Selasa, 29 Desember 2009

Gemar Membaca Sejak Dini Bagi Anak

Membaca merupakan aktivitas yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini agar mereka terbiasa dan mencintai buku.
Minat baca seseorang terbagi dua jenis, yakni secara spontan dan terpola.

Minat baca spontan didasari keingintahuan terhadap informasi, sedangkan yang terpola merupakan kegiatan membaca yang direkayasa, misalnya melalui kegiatan „pesta buku“ atau „book fair“.

Minat baca spontan masih sangat jarang ditemui, karena para orang tua tidak mengajarkan anak untuk membaca sejak usia dini.
Cara memotivasi anak agar gemar membaca adalah dengan membiasakan mereka memegang buku sejak bayi, atau dengan membacakan cerita-cerita dongeng menjelang tidur. Cara lain bisa dengan berlangganan surat kabar, majalah dan mendirikan perpustakaan mini di rumah meski koleksi bukunya tidak banyak.

Memang tidak mudah membangun minat baca, karena membutuhkan waktu yang panjang. Untuk itu peran orang tua menjadi sangat penting dalam menumbuhkan minat baca anaknya.

Yang perlu kita ingat bahwa kemauan untuk membaca merupakan faktor utama yang mempengaruhi minat baca. Setiap anak pasti punya minat membaca yang tinggi, tetapi bagaimana cara orang tua memancing kemauan si anak itu agar benar-benar gemar membaca.
Sebaiknya mendidik anak agar gemar membaca harus dimulai dari rumah tangga, dengan harapan membaca pada akhirnya menjadi sebuah kebiasaan bagi anak.

2 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
wah bagus artikelnya memberikan arahan yang tepat bermanfaat thnxs n good luck ya

gallery pendidikan mengatakan...

@mbak Dhana: terima kasih atas kunjungan mbak Dhana, semoga bermanfaat juga bagi kita semua.

Posting Komentar