Jumat, 09 Maret 2012

Pengaruh Acara TV Pada Anak


Rata-rata anak di Indonesia menonton televisi selama 4,5 jam setiap hari padahal waktu belajarnya hanya rata-rata 4 jam. Bagi anak TK, televisi adalah teman bermain, sebab setiap hari dia mulai mencari-cari film kartun sampai tidak mengenal waktu.

Oleh karena itu, anak sebaiknya didampingi selama menyaksikan siaran televisi. Dari menonton televisi itu, anak-anak akan meniru kata-kata dan perilaku keseharian. Karena itu perlu adanya solusi seperti berikut :

  • Mengontrol anak pada waktu menonton acara televisi, sebab untuk melarang anak-anak menonton, sangat tidak mungkin dilakukan sebab anak juga perlu hiburan, asalkan tahu waktu.
  • Membatasi menonton televisi bagi anak-anak yang idealnya hanya 2 jam sehari.
  • Mengalihkan perhatian dari televisi. Ajaklah anak untuk bermain atau berkreasi di rumah, mewarnai gambar yang menarik, melukis, bermain bola. Sebagai orang tua kita harus kreatif mengatasi hal ini karena menonton televisi adalah salah satu dari kegiatan anak.
  • Membuat jadwal dan perhitungan rata-rata menonton setiap hari selama satu Minggu serta jam-jam tertentu.
  • Dengan memperdengarkan cerita dan dongeng sambil membaringkan badan atau duduk di kursi. Ajaklah anak melayangkan imajinasi untuk membayangkan isi cerita sambil mengistirahatkan fisiknya, bermain tebak-tebakan, dan sebagainya.

Dengan cara ini, akan terbentuk citra dalam diri anak bahwa saat-saat yang begini sangatlah menyenangkan.
Menonton memang sudah menjadi semacam budaya bangsa kita. Kehadiran Pesawat televisi yang menjamah rumah-rumah dengan biaya murah dan acara yang serba wah sangatlah menggoda. Berapa banyak keluarga yang dipengaruhi perilaku dan kebiasaannya oleh TV. Baik oleh tayangan berbau kekerasan maupun pengaruh iklan. Iklan ditengarai menjadi salah satu pemicu masyarakat konsumtif.

Apabila ekses negatif seperti itu tidak diwaspadai, maka pengaruh TV yang merasuk anak lebih banyak negatif ketimbang positifnya. Orang tua harus mengarahkan dan membatasi anak menonton TV. Mari ajak anak untuk lebih mencintai membaca buku. Karena kegiatan ini justru lebih memintarkan mereka dan menambah wawasan si anak.

0 komentar:

Posting Komentar