Kamis, 15 Maret 2012

Fotosintesis

Fotosintesis berasal dari bahasa Yunani, yang artinya menyusun dalam cahaya. Bahan yang disusun adalah air, garam mineral, karbondioksida dan cahaya matahari untuk dijadikan makanan. Air dan garam mineral diambil dari dalam tanah melalui akar, karbondioksida diambil oleh tumbuhan hijau dari udara, sedangkan cahaya matahri diserap oleh klorofil. Air, garam mineral dan karbondioksida dibantu dengan cahaya matahari diproses menjadi karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat inilah yang menjadi makan bagi tumbuhan.

Berikut ini adalah proses fotosintesis

Fotosintesis dapat terjadi di semua bagian tumbuhan yang mengandung klorofil (yang berwarna hijau) tetapi proses fotosintesis sebagian besar terjadi di daun, karena daun hijau memiliki struktur yang beradaptasi dengan baik untuk membuat makanan.

Proses fotosintesis pada tumbuhan hijau hanya terjadi jika ada cahaya matahari, oleh karena itu fotosintesis secara otomatis terjadi hanya pada siang hari.

Untuk membuktikan bahwa fotosintesis hanya dapat terjadi jika ada cahaya matahari, coba kita lakukan percobaan berikut ini :

Alat dan bahan :
  1. 2 buah tanaman sejenis dalam pot
  2. Kantong kertas atau koran (tidak tembus cahata)Tali secukupnya
  3. Langkah-langkah :
Langkah-langkah :
  1. Tutuplah salah satu tanaman dalam pot bunga dengan kantong krtas atau koran yang tidak tembus cahaya, sedangkan tanaman yang satunya dibiarkan terbuka.
  2. Simpanlah kedua tanaman tersebut di tempat yang cukup cahaya matahari dan diamkan selama satu minggu.
  3. Setelah satu minggu, bukalah kantong kertas penutup tanaman.
  4. Bandingkan antara daun-daun pada tanaman yang ditutup dan daun-daun dengan tanaman yang dibiarkan terbuka.

Warna daun pada tanaman yang terbuka tetap hijau karena cukup menerima cahaya matahari untuk pertumbuhannya. Sedangkan daun-daun yang tertutup kantong kertas berwarna pucat kekuning-kuningan, daunnya kecil dan batangnya lebih tinggi, dengan kata lain tanaman yang kurang mendapat cahaya matahari akan tumbuh tidak normal.

3 komentar:

mey maharani mengatakan...

perkenalkan, saya mey dari Book For Mountain ( @Komunitas_BFM ). saya sangat berterimakasih atas blog, isinya, dan segala pembelajaran disini. sangat membantu saya dan teman2 untuk menambah bahan ajar pada anak2 di pelosok. terima kasih banyak :)

gallery pendidikan mengatakan...

Halo mbak Mey... salam kenal...terima kasih loh sudah mau berkunjung ke blog saya, senang sekali rasanya kalau memang blog ini bermanfaat, jadi semangat untuk terus melanjutkan mengisi blog gallery pendidikan ini kembali. Btw mbak Mey ngajar di daerah mana ya? Tq

Pradhika Ardi N mengatakan...

mantaff

Posting Komentar