Minggu, 13 September 2009

Bermain Tetris Tingkatkan Efisiensi Otak

Pernah bermain game tetris ? Jenis permainan yang pernah booming pada era 90-an itu ternyata sangat berguna untuk melatih otak. Penelitian tersebut dilakukan BMC Research. Hasilnya, bermain menyusun balok digital itu dapat meningkatkan efisiensi otak karena terjadi penebalan pada korteks.
Penelitian manfaat tetris itu dilakukan pada 26 gadis remaja. Mereka diminta memainkan tetris selam 30 menit tiap hari selama tiga bulan. Gadis-gadis yang berlatih itu menunjukkan otak yang lebih besar daripada gadis-gadis yang tidak berlatih.
Bidng-bidang otaknya menjadi lebih tebal. Di antaranya, bagian brodmann area (BA) 6 di lobus frontal kiri, BA 22, dan BA 38 di lobus temporal kiri. Bagian-bagian tersebut dipercaya para ilmuwan berperan mengoordinasi gerakan tubuh. Baik mengoordinasi otak secara visual, taktil, auditori, maupun memberikan informasi fisiologis internal.

(Sumber : Jawa Pos)

4 komentar:

gallery pendidikan mengatakan...

wah anak saya sih suka bermain game seperti ini.
bisa melatih kemampuan otak ya?

Ica mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ica mengatakan...

Akhirnya bisa juga komentar...
Saya setuju dengan postingan di atas... otak kita memnag dilatih dengan game-game sejenis :)
Sukses ya

gallery pendidikan mengatakan...

@Ica : memang mbak Ica, tidak semua game buruk untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Bahkan dengan bermain game yang educatif kita bisa mempertebal daya ingat kita. Terima kasih mbak Ica

Posting Komentar