Selasa, 15 September 2009

Memberi Rambu-Rambu Berinternet Bagi Anak

Internet merupakan sebuah jaringan komunikasi dan informasi global. Bayangkan, berjuta manfaat bisa kita dapat hanya bermodalkan kemampuan dan kemauan menggunakan internet. Nah, karena begitu bebasnya berbagai macam informasi yang bisa diakses tetap diperlukan pengawasan kepada putra putri kita dalam memilah dan memilih antara informasi yang bermanfaat dan yang tidak.
Berikut ini tips bagaimana sebaiknya kita menggunakan dan memanfaatkan intrnet :
  1. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau tempat yang mudah diawasi oleh orang dewasa. Dampingi anak saat menggunakan internet.
  2. Pelajari sarana komunikasi dan kandungan informasi yang ditawarkan oleh internet secara bersama-sama.
  3. Beri pengertian agar buah hati Anda tidak menjawab atau menanggapi e-mail atau private chat dari orang yang tidak dikenal.
  4. Pertegas bagi siapapun yang menggunakan internet di rumah untuk tidak memberikan data-data pribadi/keluarga, alamat rumah, nomor telepon, password, atau data diri lainnya pada orang yang tidak dikenal ataupun saat mengisi informasi data diri di situs personal.
  5. Mintalah putra-putri Anda yang masih di bawah umur untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas atau yang membuat mereka tiadk nyaman, baik yang sengaja maupun tidak sengaja dibuka.
  6. Tegaskan pada buah hati untuk tidak sembarangan bertemu (face to face) dengan orang yang mereka kenal di dunia maya.
  7. Kalau perlu, berikanlah pra-syarat tertentu untuk menggunakan internet. Misalnya, anak-anak baru boleh menggunakan internet apabila telah mengerjakan PR. Tidak ada salahnya pula menetapkan jam berapa anak-anak boleh menggunakan internet dan memberikan pembatasan lamanya menggunakan internet tersebut. Hal tersebut selain dapat melatih kedisiplinan terhadap waktu, juga dapat untuk menghindari melonjaknya tagihan ISP dan rekening telepon.
  8. Beri perhatian khusus jika anak suka pergi ke warnet. Tanyakan dengan bersahabat apakah yang dicari sudah ditemukan atau apakah perlu bantuan. Jika ada indikasi menyimpang dari tujuan ber-internet, lekas beri penjelasan disertai alasan-alasan yang tidak memojokkan mereka. Jangan lupa hargai kejujuran mereka.

1 komentar:

Rihar Diana(dhana) mengatakan...

salam sahabat
wah..makin komplit aja isinya siip kak,jadi tahu n bertambah nich wawasan dhana thnxs ya...

Posting Komentar