Rabu, 06 Januari 2010

Awasi Jajan Anak Anda

Kita sebagai Orang tua harus mewaspadai kebiasaan jajan pada anak dan berani bertindak tegas untuk melarang karena kebiasaan ini bisa berpengaruh pada kesehatan dan pola makan anak. Kebiasaan jajan pada anak banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya, terutama lingkungan sekolah.

Orang tua sebaiknya harus bertindak tegas terhadap kebiasaan kurang baik itu. Bertindak tegas bukan berarti harus dengan cara kekerasan membentak atau lainnya, tetapi dibatasi untuk jajan. Untuk itu, dituntut peran orang tua yang lebih dominan untuk mengawasi apa yang menjadi kegemaran jajan anak, dan bisa memberikan pemahaman tentang bahaya membeli jajan. Bisa saja orang tua memberikan bekal kepada anak seperti apa yang sering ia beli dari jajanan sekitar agar lebih terjamin gizi dan kebersihannya.

Perilaku anak, terutama pada usia tiga hingga empat tahun dapat mempengaruhi pembentukan karakternya ke depan, seperti kebiasaan melawan orang tua untuk tetap membeli jajan. Sebaiknya pada usia itu, jangan sampai kita sebagai orang tua yang justru mulai mengenalkan kepada jajan kepada anak.

Kebiasaan anak dalam melakukan sesuatu hal, lebih banyak disebabkan oleh faktor pendidikan dalam keluarga. Jika dalam keluarga mendapatkan pendidikan dan arahan yang baik, maka jalan pikiran dan kebiasaan anak akan mengikuti hal tersebut. Tentunya kita harus ingat bahwa tidak ada gunanya melarang anak jajan kalau orang tuanya juga sering jajan.


0 komentar:

Posting Komentar