Jumat, 25 Desember 2009

Manajemen Kelas Yang Efektif

Setiap guru professional setidaknya harus bisa me-manajemen kelas dengan baik, karena manajemen kelas yang tertata dengan rapi akan dapat memaksimalkan kegiatan pembelajaran siswa. Setidaknya guru harus bisa menerapkan manajemen kelas yang efektif yang mampu menghadirkan suasana belajar yang kondusif dan nyaman bagi siswa.

Dari apa yang pernah di ulas oleh Drs Martadi MSn dalam sebuah rubrik “Klinik Pendidikan” di harian terkemuka Jawa Pos, beliau menyatakan bahwa ketika memikirkan manajemen kelas yang efektif, guru yang tidak berpengalaman terkadang mengabaikan lingkungan fisik kelas.

Menurut Drs Martadi MSn, saat ini ada kecenderungan terjadi perubahan orientasi dalam mengelola kelas. Pandangan lama menekankan pada penciptaan pengaplikasian aturan untuk mengontrol tindak tanduk murid. Sedangkan trend baru dalam manajemen kelas lebih menekankan pada pembimbingan murid untuk menjadi lebih mau berdisiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada control eksternal atas diri murid.

Ada 4 prinsip dasar yang perlu diperhatikan guru dalam menata kelas, yaitu :

Kurangi Kepadatan di tempat lalu-lalang.
Biasanya gangguan dapat terjadi di daerah yang sering dilewati. Daerah ini antara lain area belajar kelompok, bangku murid, meja guru, dan lokasi penyimpanan perlengkapan siswa, rak buku, komputer, dan lokasi lain. Pisahkan area ini sejauh mungkin dan pastikan memudahkan untuk diakses.

Pastikan bahwa Anda dapat dengan mudah melihat semua murid.
Tugas manajemen kelas yang penting adalah memantau murid secara cermat.

Materi pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah diakses.
Ini akan meminimalkan waktu persiapan, memudahkan untuk merapikan kelas, and mengurangi gangguan saat melakukan aktivitas pembelajaran.

Pastikan murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas.
Tentukan di mana Anda dan murid Anda berada saat presentasi kelas diadakan. Untuk aktivitas ini, murid tidak boleh memindahkan kursi. Untuk mengetahui seberapa baik murid dapat melihat dari tempat mereka, coba duduklah di kursi mereka untuk memastikan murid dapat melihat dengan jelas.

Sumber : Jawa Pos



0 komentar:

Posting Komentar