Senin, 19 Oktober 2009

Membimbing Anak Menjelajahi Internet


Internet dapat dilihat sebagai jendela dunia luar bagi anak-anak. Di antara beberapa anak-anak sudah bisa menggunakan Internet tanpa harus keluar rumah.
Anak-anak dapat belajar mengenai subyek tertentu seperti Ilmu Pengetahuan, Matematika atau bahasa Inggris, atau mereka dapat memperoleh banyak penegetahuan sekitar tempat-tempat tertentu di dunia ini sekalipun mereka tidak memiliki kesempatan secara fisik melakukan perjalanan menuju kesana. Selain itu anak-anak dapat mencari teman baru menggunakan alat komunikasi yang tersedia.

Ketika beberapa informasi yang tersedia di internet layak untuk anak-anak, seperti membuat kerajinan, artikel-artikel pendidikan dan aktivitas on-line persahabatan antar anak-anak, ada juga ada bahan yang tidak cocok yang menyebabkan mereka bisa tersesat atau tidak layak untuk digunakan on-line.

Yang perlu diwaspai juga jika anak-anak menggunakan fasilitas untuk chating. Bisa jadi mereka tidak mengetahui apakah teman yang di ajak chating itu orang baik atau jahat, atau orang yang suka berolok-olok.

Mempertimbangkan pengaruh baik dan buruk internet yang mungkin terjadi pada anak-anak, sebaiknya akses anak ke internet diperbolehkan sebatas dalam lingkungan yang terkontrol, yaitu menjelajahi net di bawah bimbingan dan kondisi-kondisi tertentu.

Tips yang ampuh untuk mencegah anak-anak agar tidak memperoleh informasi yang kurang layak dari internet adalah menyuruh mereka menjelajahi net menggunakan mesin search yang dirancang secara khusus untuk anak-anak, seperti Yahooligan. Mesin search ini memungkinkan anak-anak bisa mencari akses informasi yang tida berbahaya dan tepat seusianya.

Tips lainnya adalah mencarikan sumber beberapa website yang tepat bagi mereka. Kalau kita sudah menemukan website yang tepat untuk mereka, maka kita segera mebuatkan “shortcut folder” yang menghubungkan langsung dengan website tersebut, dengan demikian akan mengurangi resiko kesasar ke daerah perlintasan website yang tidak dikehendaki.

1 komentar:

narti mengatakan...

makasih infonya, sangat bermanfaat.

Posting Komentar