Senin, 19 Oktober 2009

CARA MEMILIH KOMPUTER YANG SESUAI


Para orang tua yang belum memiliki komputer di rumah bisa merencanakan untuk membeli komputer. Dalam menetapkan anggaran untuk komputer Anda, akan lebih baik kalau mempertimbangkan syarat-syarat kegunaannya di masa sekarang dan yag akan datang.
Informasi berikut akan membantu bagi Anda yang sekiranya masih kurang mengerti teknologi dalam menilai model-model komputer yang berbeda-beda.

Komponen-komponen Internal Inti PC

Processor
Processor adalah komponen utama PC yang memuat daya processing seluruh PC tersebut. Pada dasarnya, PC dengan kecepatan processing lebih tinggi akan bisa menjalankan program-program atau aplikasi lebih cepat. Jika Anda menggunakan PC Anda untuk menjalankan program-program yang membutuhkan daya processing yang cepat, misalnya program-program yang digunakan oleh seniman grafis, atau jika Anda menjalankan game-game PC terbaru di pasaran, maka kecepatan processor lebih tinggi sangat dibutuhkan. Pada waktu mencetak buku ini, kecepatan processing diukur GigaHertz (GHz).

Memory
Memory PC atau Randoom Acces Memory (RAM) memungkinkan aplikasi-aplikasi bisa disimpan sementara dalam memory ini ketika sebuah aplikasi sedang dijalankan. Memory yang lebih tinggi akan berarti bahwa PC tersebut memiliki kapasitas lebih untuk menyimpan sebuah aplikasi atau berbagai aplikasi ketika pengguna sedang bekerja pada PC tersebut. Informasi yang disimpan dalam RAM terhapus jika informasi itu tidak disimpan dalam hard drive (Harddisk).
Jika PC digunakan untuk program-program intensif game dan grafis, atau pengguna biasanya menggunakan banyak aplikasi pada waktu bersamaan, maka akan dibutuhkan lebih banyak memori. Sekarang, memory diukur dalam bentuk MegaBytes (Mb). Jika ingin yang lebih tinggi lagi Anda bisa memilih dengan ukuran Gigabyte (Gb).

Hard Drive
Hard drive secara permanent menyimpan semua program-program, operating system dan data yang ingin Anda simpan, yang dapat dicari dan digunakan kembali ketika Anda mengaktifkan lagi PC. Secara sederhana semakin besar hard drive berarti PC tersebut memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan program-program dan data. Sekarang, ukuran Hard drive adalah diukur DigaBytes (Gb).

Graphics Board
Graphic Board menyimpan memory yang digunakan untuk menghasilkan grafis yang disusun untuk dapat tampil di layer komputer Anda. Kapasitas graphics board juga di ukur dalam MegaBytes (Mb). Graphics board dengan kapasitas lebih tinggi akan memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar lebih tajam, gambar-gambar yang lebih bergetar dan juga animasi lebih halus. Umumnya, program intensif gambar akan membutuhkan memory lebih besar dari graphics board.

Sistem Operasi ( Operating System )
Operating System adalah program paling penting dalam komputer. Operating System mengopersaikan, menjalankan dan mengelola program-program lain yang digunakan dalam PC tersebut. Operating System juga mengelola input dan output PC. Contoh-contoh input meliputi klik mouse dan ketikan dari keyboard, sedangkan contoh-contoh output adalah huruf-huruf yang tersusun pada layer komputer Anda.
Output juga mengendalikan kerja komponen-komponen PC, seperti menulis di hard drive dan alokasi memory pada program-program yang berbeda. Operating system yang paling umum digunakan sekarang adalah Microsoft Windows.

Hardware PC Eksternal
Monitor
Monitor adalah layer tampilan untuk gambar-gambar yang merupakan output dar PC. Monitor memiliki berbagai ukuran, yang paling lazim digunakan adalah 15 inchi dan 17 inchi. Semakin besar monitor akan semakin mudah di mata, akan tetapi hanya jika kualitas outputnya baik. Dalam memilih monitor, pertimbangan paling penting adalah monitor yang sesuai dengan penglihatan anak Anda.

Unit Sistem
Unit system memiliki dua desain. Anda dapat menggunakan desain casing model desktop atau tower. Dengan model desktop, Anda dapat meletakkan di atas meja dengan monitor berada di atasnya. Sebagian orang, menganggap desktop lebih cocok karena unit sistemnya bisa diakses dengan mudah, sedangkan orang lain menganggap model desktop memiliki pemborosan ruang di atas meja.
Casing tower duduk dengan indah di dalam atau di samping meja. Kalau model casing ini mungkin ideal dalam beberapa situasi, catatlah bahwa komputer model ini sekarang mudah diraih oleh anak-anak yang baru belajar atau anak-anak kecil.

Keyboard dan Mouse
Keyboard dan mouse merupakan komponen penting untuk menyelesaikan seluruh system komputer. Anpa dua instrument ini, kita tidak akan bisa memasukkan berbagai informasi ke dalam komputer. Juga, mereka adalah dua alat yang paling sering digunakan. Di sini, sangat penting meluangkan waktu untuk memahami berbagai tipe keyboard dan mouse yang ada.
Kalau kita menginginkan keyboard yang standard, maka sebaiknya memilih keyboard yang memiliki desain ergonomic. Keyboard ergonomic di desain nyaman di pikiran dan mempertimbangkan posisi ideal tangan kita ketika menggunakan keyboard sehingga tekanannya tidak di tangan dan bagian-bagian lain tubuh kita.
Juga ada keyboard yang dirancang secara khusus uuntuk anak-anak, dengan ikatan tombol-tombol penuh warna yang kelihatan “mengundang” anak-anak untuk menekannya dan mulai “memainkan” komputer itu.
Untuk mouse yang paling lazim digunakan saat ini adalah mouse USB dan mouse PS/2. Dua tipe mouse ini praktis dan memberi tujuan dasar bagi orang dewasa, mungkin perlu juga ekstra investasi kecil untuk memiliki mouse mainan untuk anak Anda. Mouse mainan muncul dengan desain yang lucu unutk menarik perhatian anak. Dengan demikian mambantu mengeliminir berbagai keengganan anak-anak bisa menggunakan mouse.


2 komentar:

Ramlan mengatakan...

wow, info yg ciamik, aku copy artikel yang satu ini bro. thank. here the artikel bro location >> MEMILIH KOMPUTER YANG SESUAI

julianto mengatakan...

sip

Posting Komentar