Rabu, 21 Maret 2012

Anak Didik Perlu Penghargaan


Dunia kehidupan anak-anak akan lebih senang, apabila perkataan guru kepada anak didik adalah ucapan yang memberanikan diri, mendorong semangat dalam hal kegiatan di sekolah dan memberikan penghargaan, pujian yang wajar daripada memarahi dan mencela anak.

Anak-anak khususnya anak usia TK maupun SD sangat memerlukan kata-kata pujian dan penghargaan atas tugas yang telah dilakukannya di sekolah. Walaupun dalam kegiatan anak belum berhasil pun, guru tetap mendorong semangat mereka, memberi pujian dengan penuh kasih sayang.

Pujian yang wajar atau kata penghargaan yang diucapkan dengan tepat akan mempunyai peranan yang penting bagi anak. Contoh untuk anak-anak TK, pada umumnya sangat senang atau lebih menyukai kegiatan menggambar bebas yang tidak membosankan baginya. Adapun hasilnya ada yang bagus karena memang dia berbakat, ada juga yang gambarnya corat coret, tak berbentuk. Namun, itu akan melegakan jiwanya dan pribadinya akan lebih terbuka.

Bila kita menggunakan lebih banyak perkataan yang mendorong semangat, pujian, dan penghargaan menggantikan kata-kata kritikan, maka sebagai guru pasti akan melihat perkembangan yang menggembiarakan dalam kehidupan anak itu. Lalu, kehidupan anak itu akan selalu berada dalam suasana yang sangat menyenangkan.

1 komentar:

Blog27999 mengatakan...

If you're trying to lose fat then you need to try this totally brand new personalized keto diet.

To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and top chefs have united to develop keto meal plans that are effective, convenient, price-efficient, and enjoyable.

Since their grand opening in 2019, 100's of clients have already remodeled their figure and well-being with the benefits a certified keto diet can provide.

Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones provided by the keto diet.

Posting Komentar